1.14.2015

My DIY Face Bar Cleanser: French Clay + cacao +oil

Holaa.. apa kabar? Setelah nyoba2 bikin DIY deodorant bar kemarin, gw jadi kepo bikin diy lainnya. Nah, kali ini gw ngebikin French clay cleanser yang resepnya gw peroleh dari lisaliseblog.com, dengan sedikit perubahan tentunya. Bikinnya nggak susah, dan bahan dasarnya  adalah:
  • oil (almond, cacao, ) untuk mengangkat kotoran dan makeup
  • clay untuk  menyerap kotoran
  • essential oil untuk soothing effect (jenis-jenis essential oil berbeda fungsinya. ada yang antibakteri, relaxing dll. Pilih yang disenangi saja!)
DIY french clay cleansing bar
DIY french clay cleansing bar
Bahan: 
  • 27 gr french clay (warnanya hijau)
  • 42 gr cocoa butter
  • 50 ml apricot kernel oil
  • 15 drop essential oil (saya mencampur  rosemary +lavender)
  • serbuk teh halus sedikit untuk hiasan
Cara:
  • lelehkan cocoa butter di microwave selama 1menit
  • tambahkan apricot kernel oil
  • tambahkan essential oil
  • masukkan french clay, aduk rata
  • tuangkan dalam cetakan
  • taburi dengan serbuk teh halus untuk hiasan
  • dinginkan dalam kulkas, jadi deh!
Cara pakai:
Mirip kalau makai balm cleanser (misal clinique take the day off), bedanya ini lebih firm aja. Potong kecil bar cleanser, hangatkan di tangan kemudian oleskan dan pijat ke wajah. Ini bisa buat ngangkat make up juga loh!
take a little piece of cleansing bar
take a little piece of cleansing bar
IMG_2872
and let it melt..
 
Catatan
  • Bahan2 bisa diperoleh di supplier kosmetik. kalau nggak ada green clay, bisa diganti kaolin (white clay).
  • Cleansing bar ini membersihkan make up sama efektifnya dengan balm cleanser. Tapi berhubung cleansing bar ini tidak ditambahi bahan emulsifier, tetap harus cuci muka dengan sabun setelahnya. Kalau balm cleanser /oil cleanser yang dipasaran sih biasanya sudah diberi tambahan emulsifier (misalnya Tween 80) sehingga wajah cukup dibilas air (meski menurut saya masih ada residunya).
  • Setelah cuci muka, masih kerasa efek lembab dari almond oil dan cocoa butter nya yang saya suka banget.
  • Nggak ada break out dengan pemakaian bahan-bahan diatas.
  • Kalau nggak suka aroma yang kuat (seperti saya, dosis essential oil diturunkan atau cukup pakai bubuk green tea saja!)

0 komentar:

Post a Comment